Politeknik Negeri Madura 2014 Akan Selesai

SAMPANG, KOMPAS.com - Mendikbud Mohammad Nuh menargetkan pembangunan Politeknik Negeri Madura (Poltera) akan selesai tahun 2014, karena Presiden memang memerintahkan untuk membangun Madura dan bukan membangun di Madura.
"Dua bulan lalu, Presiden membahas khusus masalah pembangunan Madura dalam sebuah rapat kabinet. Beliau berharap untuk membangun Madura dan bukan membangun di Madura. Saya menyampaikan masukan terkait masalah pendidikan," katanya di Sampang, Madura, Minggu (11/11/2012).
Didampingi sejumlah staf Kemendikbud dan para pimpinan ITS, PENS, PPNS, dan Unesa, ia mengemukakan hal itu kepada Antara menjelang kuliah umum kepada 67 mahasiswa Poltera di Pendopo Pamekasan, setelah meletakkan batu pertama Poltera di atas lahan 10 hektar.
Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, pihaknya telah memberikan dukungan penuh kepada Poltera mulai dari status kelembagaan, dana, dan pendampingan untuk tahap awal.
"Status kelembagaan sudah jelas dengan adanya Permendikbud 67/2012 yang menyatakan Poltera adalah politeknik negeri, sedangkan dukungan dana berkisar Rp 75 miliar hingga Rp 100 miliar yang dikucurkan secara bertahap," paparnya.
Oleh karena itu, katanya, pembangunan Poltera dimulai tahun 2012, kemudian tahun berikutnya mungkin sudah ada ruangan untuk tiga program studi dan secara bertahap hingga 2014 akan dibangun ruangan untuk mencukupi politeknik dengan D3 (diploma-3) itu.
Untuk pendampingan, katanya, Poltera yang belum mempunyai gedung itu sudah memiliki 67 mahasiswa yang "dititipkan" pada PPNS dan PENS, karena Poltera membuka tiga program studi yakni Teknik Bangunan Kapal (PPNS), Teknik Listrik Industri (PENS), dan Teknik Mesin Alat Berat (PPNS).
"Untuk dosen juga sudah ada beberapa orang Madura yang studi S2 dan S3 di ITS, sehingga tinggal ditugaskan untuk kembali ke kampung halaman dengan mengajar di Poltera," tuturnya.
Ia menambahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri berkeinginan untuk datang ke Madura guna melihat langsung berbagai pembangunan yang berlangsung di sana.
"Insya-Allah, awal tahun 2013, Presiden akan melihat langsung sekolah, Poltera, pembangunan gedung rektorat Unijoyo, pembangunan infrastruktur seperti jalan, waduk atau embung, dan sebagainya," ujarnya.

Sumber
Kompas Edukasi
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar