Tips Buat Ekskul di Sekolah

Saat ini banyak ekskul baru beredar di sekolah, baik ekskul yang berorientasi pada Olahraga, Seni, Ilmu Pengetahuan, maupun bahasa. Banyak siswa yang berkeinginan membuat ekskul namun takut gagal. Berikut ini tips sukses membuat ekskul di sekolah versi tim Jesab News Portal.

1. Kumpulkan teman-teman sepaham
Sebelum membentuk ekskul, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan teman-teman yang sepaham. Maksud dari sepaham ini adalah memiliki kenginan sama untuk membentuk ekskul tersebut. 

2.Buat konsep ekskul
Langkah selanjutnya adalah membentuk konsep ekskul. Konsep ekskul ini terdiri dari jenis ekskul, tujuan ekskul dan lain-lain. Kegunaan konsep ekskul ini dalah untuk menentukan arah gerak dari eskul tersebut. Misalnya ekskul basket SMA tentunya rah tujuannya adalah pengembangan olahraga basket di sekolah.

3. Membentuk Komunitas
Jangan bernafsu untuk langsung mendaftarkan sebagai ekskul. Seringkali anak-anak SMP atau SMA langsung ingin mendaftarkan konsepnya sebagai ekskul tanpa memikirkan apakah ekskul tersebut akan diterima sekolah atau tidak. Bentuklah komunitas terlebih dahulu, komunitas disini adalah kegiatan yang dilakukan oleh swadaya siswa sendiri namun dilakukan secara bertanggung jawab. Fungsi dari membentuk komunitas tersebut adalah untuk mengukur keefektifan dari ekskul tersebut apakah dapat berjalan atau tidak. Hal ini penting apabila komunitas telah menjadi ekskul, dapat diketahui jangka bertahan dari ekskul tersebut.

4. Mencari Prestasi
Usahakan komunitasmu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan berprestasi sebagaimana jenis komunitas yang kalin buat.

5. Lobi ke Guru
Apabila langkah-langkah diatas telah terpenuhi. Lakukan lobi ke guru yang berhubungan dengan komunitas tersebut agar dipermudah menjadi ekskul.

6. Mendaftarkan ke sekolah
Apabila terjadi kesepakatan dengan guru bahkan beliau mau menjadi pembina komunitas tersebut. Daftarkan komunitas tersebut agar menjadi ekstrakurikuler.

Selamat mencoba
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar