Apa Saja Penyebab Salah Pilih Jurusan?

JAKARTA, Jesaba News- Salah jurusan merupakan salah satu hal sering dilakukan oleh calon mahasiswa di manapun juga. Hal ini tentunya harus diminimalisir dengan perencanaan dan pemilihan jurusan yang sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa. Kali ini Jesaba News Portal akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang menjadi penyebab seseorang salah memilih jurusan kuliah? 

Belum tahu minat
Penyakit paling sering sering dihinggapi calon mahasiswa akibat tidak ada perencanaan sejak dini. Belum tahu minat memberikan kecenderungan calon mahasiswa atau siswa ikut-ikutan temannya memilih satu jurusan tertentu.

Tergiur prospek kerja bagus 
Terkadang masukan dari orang lain yang tidak kita pertimbangkan dengan baik dapat menjadi racun pada kehidupan. Adanya masukan dari pihak-pihak terdekat semisal keluarga, teman maupun tetangga apalagi menawarkan suatu jurusan dengan prospek kerja bagus. Akhirnya ia masuk jurusan tersebut padahal tidak berminat pada jurusan tersebut. 

Silau dengan besarnya peluang untuk diterima
Setiap kampus pasti mempunyai jurusan sepi peminat. Jurusan tersebut memberikan kesempatan yang lebih besar diterimanya siswa di PTN. Silau dengan kesempatan lebih, banyak siswa mengambil jurusan tersebut dengan harapan yang penting diterima di PTN tanpa melihat apakah jurusan tersebut ia minati atau tidak. Akhirnya siswa tersebut terjebak apada jurusan ayang asal ia ambil dan menyia-nyiakan masa studinya.

Terpaksa
Walaupun sekarang bukan zaman Siti Nurbaya, seni paksaan orang tua dalam hal ini meilih jurusan masih sering dilakukan. Akibatnya jurusan yang diambil tidak sesuai yang diharapkan dan diminati.

Ingat untuk tidak salah ambil jurusan!

Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar