Mendikbud Gagas Sekolah Profesi Wartawan


JAKARTA (KRjogja.com) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menggagas pendirian sekolah profesi wartawan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis di Indonesia.


Hal tersebut diungkapkan dalam  Temu Redaktur Kebudayaan Se-Indonesia 2012. Acara ini melibatkan 31 insan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) baik pusat maupun daerah, dan 42 redaktur kebudayaan di tanah air.

Tujuan dari acara ini guna membentuk forum penyebaran informasi bidang kebudayaan. Selain itu, sebagai momentum saling tukar informasi, pengalaman pengetahuan, keterampilan, dan profesionalisme antarredaktur. Nantinya, hasil pertukaran informasi ini dapat menjadi acuan para redaktur, wartawan, maupun penulis kebudayaan untuk menulis.

"Insyaallah, Desember tahun ini akan diresmikan,sekolah profesi wartawan. Sekolah ini ditujukan untuk meningkatkan profesionalitas para wartawan. Maksudnya, para wartawan yang meliput mengenai kebudayaan agar lebih memiliki pengertian mendalam tentang fenomena kebudayaan. Bukan harus ikut kuliah kebudayaan, tapi lebih kepada pelatihan prinsip dasarnya saja," jelas Nuh.

Kemdikbud akan turut terlibat pada pembangunan sekolah tersebut. "Sumbangsihnya berupa dukungan kurikulum, termasuk pendukungan pendanaan pembiayaan," jelasnya. (Ati/cil/Job)

Sumber
KR Jogja
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar