Dikti Proses Penerima Bidik Misi PTS

SOLO (KRjogja.com) - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih memproses penerima beasiswa bidik misi bagi mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS). Dari jatah 2000 mahasiswa yang akan mendapat bidik misi, sekarang baru ada 1600 nama. Jadi masih kurang 400 mahasiswa.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pembelajaran & Kemahasiswaan Ditjen Dikti Dr Ir Illah Sailah MS. Menurutnya Dikti masih menunggu 165 perguruan tinggi yang tengah memproses nama mahasiswa yang akan mendapatkan bidik misi. Mahasiswa yang berhak menerima bidik misi yang kekurangan ekonomi, tapi memiliki prestasi akademik.

"Bantuan sosial akan langsung diserahkan mahasiswa penerima. Terdiri biaya hidup dan biaya pendidikan. Biaya hidup Rp 600 ribu setiap bulan, biaya pendidikan maksimum Rp 2,4 juta dikelola PT," jelas Dr Ir Illah Sailah MS.

Bidik misi PTS diperuntukkan bagi mahasiswa S1 dan D3. Untuk wilayah Jawa harus memiliki akreditasi A, sedangkan luar Jawa B. Program studi yang dipilih diprioritaskan yang dibutuhkan pembangunan nasional yakni keteknikan, kesehatan, pertanian, sain dan yang terkait dengan ekonomi.

"Sekarang kami masih menunggu data dari PTS. Karena bisa saja ada PTS yang tidak siap. PTS bisa saja nggak sanggup, kalau SPP di atas Rp 2,4 juta. Karena harus memberikan subsidi," jelasnya.

Dr Ir Illah Sailah MS mengatakan di atas seusai membuka Lokakarya Kurikulum dan Pameran DKV Indonesia Ekreaprener di Kusuma Sahid Hotel Solo, Sabtu. Dalam kesempatan itu ia mendorong agar para dosen program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) harus bisa menjadi contoh sekaligus teladan bagi mahasiswanya. 

"Kalau mereka akan mendorong mahasiswa punya kreativitas yang bisa memberikan nilai tambah, para dosen DKV harus lebih dulu menunjukan," tambahnya. (Qom)
 
Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar