Bahasa Gaul Perkaya Bahasa Indonesia



REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bahasa gaul yang dewasa ini sering digunakan generasi muda dalam pergaulan sehari-hari antara sesamanya dinilai justru akan memperkaya perbendahaan kosa kata Bahasa Indonesia, kata staf Kemendikbud, Yeyen Mariani M.Hum.
Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud di Medan, Kamis, mengatakan bahasa gaul adalah bahasa yang digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan ingin mencirikan identitas kelompok tersebut.
Bahasa Gaul Perkaya Bahasa Indonesia
"Namun yang perlu diperhatikan saat ini adalah bagimana dalam situasi formal kita tetap menggunakan Bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan kaedah," katanya usai seminar "Bahasa dan Sastra Membangun Pendidikan Indonesia yang Berkarakter".

Ia mengatakan, jika dilihat dari sisi kebahasaan, bahasa gaul tersebut memang bisa saja berkembang dengan sendirinya pada masing-masing kelompok tertentu, karena memang bahasa gaul tidak digunakan dalam dunia formal, seperti misalnya dalam dunia pendidikan,
Bisa saja, suatu saat beberapa kosa kata dalam bahasa gaul tersebut bisa menjadi Bahasa Indonesia jika memang belum ada padanannya dalam Bahasa Indonesia. Dengan kata lain bahasa gaul juga bisa memperkaya perbendaharaan Bahasa Indonesia.
"Yang penting saat ini adalah bagimana kita bisa bersama-sama menjaga dan mempergunakan Bahasa Indonesia dengan baik. Dengan demikian Bahasa Indonesia tetap terjaga kelestariannya," katanya.

Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar