Jumlah Siswa yang Daftar SNMPTN Masih Jauh dari Target

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 untuk siswa masih dibuka hingga dua pekan depan. Sekitar 320.000 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) telah mendaftar ke perguruan tinggi negeri yang menjadi incarannya.

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa jumlah ini kemungkinan akan bertambah jelang penutupan pendaftaran. SNMPTN kali ini sendiri menargetkan 800.000 pendaftar dari jenjang pendidikan menengah atas di seluruh Indonesia.

"Contohnya saja di Bandung. SMA yang bagus-bagus itu masih tercatat 25 persen saja siswanya yang mendaftar," kata Akhmaloka pada Kompas.com, Jumat (22/2/2013).

"Ada kemungkinan anak-anak ini masih menunggu temannya untuk melihat jurusan apa yang akan diambil temannya," ujar Akhmaloka.

Ia memperkirakan sisa 15 hari ini jumlah pendaftar akan bertambah sekitar 300.000 pendaftar lagi. Namun jika melihat fenomena siswa-siswa yang ada di kota besar, kemungkinan jumlah pendaftar bisa membludak pada masa akhir pendaftan SNMPTN.

"Tapi kami akan evaluasi lagi untuk melihat dari pendaftar yang ada ini banyak yang dari kota besar atau daerah remote," ungkap Akhmaloka.

Apabila ternyata siswa yang berasal dari daerah terpencil masih sedikit yang mendaftar, maka pihaknya akan kembali melakukan aksi jemput bola seperti yang dijalankan pada saat pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebelumnya. Dengan demikian, tak ada alasan bagi siswa daerah terpencil tak bisa mendaftar karena kendala fasilitas.

"Kalau memang yang di daerah remote banyak yang belum mendaftar, kami akan jemput. Kalau ternyata di kota besar, berarti ya kemungkinan saling tunggu itu," tandasnya.

Sumber
Kompas Edukasi
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar