Sekolah Vokasi UGM Buka 4 Prodi Baru


YOGYA (KRjogja.com) - Sekolah Vokasi (SV) UGM akan membuka empat prodi baru yakni D4 Teknik Informatika, D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, D4 Teknik Alat Berat dan D4 Manajemen Perbankan Mikro. Penambahan prodi tersebut kini tengah dalam proses proposal yang akan diajukan ke senat akademik.

Direktur SV UGM, Ir. Hotma Prawoto, MT menuturkan, prodi baru tersebut nantinya akan melengkapi 23 prodi D3 dan 5 prodi D4 yang sudah ada sebelumnya. Termasuk menambah prodi D4 yang hanya berjumlah satu yakni D4 kebidanan.

"Penambahan empat prodi baru ini murni atas permintaan pasar, yakni tingginya perusahaan yang membutuhkan lulusan dari empat prodi D4 tersebut," ujarnya di Sekolah Vokasi UGM, Senin (10/12). 

Menurutnya, belum lama ini sekolah Vokasi juga mendapat permintaan dari DIKTI untuk segera membuka prodi S2-Terapan di bidang Energi Terbarukan dan Teknologi untuk Pengembangan Berkelanjutan. Prodi multi-keilmuan tersebut kini kurikulumnya sedaang digodog dan diharapkan secepatnya bisa dibuka.

"Permintaan perusahaan terhadap lulusan Diploma UGM cukup besar. Ini terbukti dari banyaknya perusahaan yang merekrut langsung lulusan SV UGM. Namun terbatasnya jumlah lulusan menjadikan kita tidak bisa memenuhi kebutuhan perusahaan," katanya.

Sampai saat ini SV UGM mengelola 24 prodi dengan 6.700 mahasiswa. Masing-masing prodi menampung sekitar 60 mahasiswa setiap tahunnya. Pada 2013 nanti, SV UGM telah menganggarkan dana Rp11 Milyar untuk pembangunan fasilitas laboratorium serta perbaikan fasilitas fisik.
 (Aie)

Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar