Jalur Swadana UNS Dihapus, UKT Naik


SOLO--Penerimaan mahasiswa baru jalur swadana di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mulai tahun depan akan dihapus. Hal itu berdampak pada kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) yang akan dipungut dari mahasiswa.
Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengakui penghapusan jalur swadana berpengaruh pada besaran UKT yang akan dipungut dari mahasiswa. Sehingga akan ada kenaikan UKT untuk 2013 dibanding UKT tahun sebelumnya. Namun ia belum dapat memastikan berapa persen nilai kenaikan UKT, karena saat ini besarannya masih dihitung.
”Ya pasti UKT nya mengalami kenaikan dibanding tahun kemarin,” paparnya saat ditemui wartawan seusai sosialisasi SNMPTN 2013 di ruang kerjanya, akhir pekan kemarin.
Ravik menambahkan dihapusnya jalur swadana tak lepas dari diberlakukannya pembayaran SPP dengan sistem UKT, dimana mahasiswa hanya membayar satu biaya untuk seluruh pembiayaan selama kuliah dengan besaran sama tiap semester.
Ravik memaparkan ketika jalur swadana masih dibuka, ada perbedaan nilai UKT yang harus dibayar mahasiswa jalur reguler dan swadana. Mahasiswa jalur swadana membayar UKT lebih tinggi dibanding mahasiswa reguler karena tidak ada subsidi dari negara. Sementara itu besaran UKT berbeda di tiap program studi, karena komponen yang berbeda berdasarkan SPP, biaya praktikum dan biaya pengembangan institusi.
Dengan ditetapkannya kebijkan penghapusan jalur swadana, ke depannya hanya ada satu besaran UKT untuk semua mahasiswa baru yang diterima melalui tiga jalur yang telah ditetapkan berdasarkan hasil lokakarya evaluasi dan penyusunan kebijakan pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS 2013.
Penerimaan mahasiswa baru pada 2013 hanya melalui tiga jalur yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan atau tanpa tes dengan kuota 50%. Selanjutnya adalah Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) atau jalur ujian tulis dengan kuota 40%. Terakhir jalur mandiri atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPT) denan kuota 10%. 
Sumber

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar