Puluhan Siswa SD Karyawisata ke TPA Piyungan

Puluhan Siswa SD Karyawisata ke TPA PiyunganLaporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL 
- Puluhan siswa SD Kembang Sari Srimartani Piyungan, Bantul, mengadakan karyawisata (field trip) ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Piyungan, Bantul, Sabtu (3/3/2013) siang.

Field trip seperti ini jarang dilakukan kebanyakan sekolah. Umumnya, mereka memilih tujuan field trip ke pusat-pusat kerajinan atau ke objek-objek wisata alam yang jauh dari kesan kotor dan bau.

Menurut salah satu guru pendamping, Sri Sustiah, sengaja ia membawa para siswanya berkunjung ke TPA Piyungan dengan tujuan observasi tentang lingkungan terutama sampah.

"Ini adalah bentuk kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kalau sudah begini, anak-anak jadi tahu, saat membuang sampah harus dipisah, mana sampah, plastik, kertas dan daun," ujar Sri ditemui di lokasi.

Dari zona terluar pembuangan sampah yang berjarak kurang lebih 500 meter, puluhan siswa SD ini mengamati kegiatan ratusan pemulung yang berlomba mengumpulkan sampah-sampah untuk dipilah kembali. Selain itu, para pemulung ini juga harus berebut dengan ratusan ekor sapi yang mengais sampah untuk dimakan.

"Ya jijik juga sih, tapi jadi tahu, kalau sampah plastik tak kita pisah, akan jadi polusi tanah dan menggunung seperti ini. Sampah plastik kan tak dapat diurai," ujar salah satu siswi, Amalia Agustina Putri.(*)
 
Sumber
Tribun Jogja
 

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar