Ada 64.804 Siswa SMA Mendaftar SNMPTN ke UGM

Jurnas.com | Menjelang penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang berakhir 8 Maret 2013 pada pukul 22.00 WIB, tercatat sebanyak 64.804 calon mahasiswa mendaftar ke Universitas Gadjah Mada.

Wijayanti, Kepala Bidang Humas UGM menjelaskan di Universitas Gadjah Mada, daya tampung yang disediakan untuk SNMPTN 2013 ini adalah 3.318 atau 50 persen dari daya tampung keseluruhan penerimaan mahasiwa baru 2013. "Sampai dengan tanggal 6 Maret 2013 tercatat 64.804 siswa telah mendaftar di UGM. Pertambahan ini sangat cepat mengingat pada 23 Februari 2013, tercatat sebanyak 30.042 siswa yang mendaftar di UGM," kata Wijayanti di Yogyakarta, Kamis (7/3).

Wijayanti menambahkan jika dibandingkan dengan pendaftar di SNMPTN Jalur undangan 2012, dimana pendaftar UGM berjumlah 29.955, kenaikan pendaftar pada tahun ini mencapai lebih dari dua kali lipat. Sementara untuk program studi favorit pendaftar tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Kelompok IPA, program studi Farmasi, Pendidikan Kedokteran, Gizi Kesehatan, Keperawatan, dan Teknologi Informasi menjadi prodi yang paling banyak diminati pendaftar. Sedangkan di kelompok IPS yang paling banyak diminati adalah prodi Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, dan Ilmu Komunikasi," katanya.

Wijayanti menyatakan bagi siswa SMA/SMK/MA yang belum mendaftar lewat jalur SNMPTN, bisa segera mendaftarkan diri tanpa harus menunggu menit terakhir untuk menghindari kendala teknis.

Kepala Sekolah diharapkan juga bersedia untuk lebih teliti dalam memberikan verifikasi pendaftaran siswanya, agar data yang dimasukkan adalah data yang benar. UGM sendiri, disebutkan menerapkan kebijakan penerimaan mahasiswa baru lewat tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri UGM.

"SBMPTN merupakan seleksi tertulis yang dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013. UGM akan menerima mahasiswa baru dari jalur SBMPTN sebanyak 30 persen dari daya tampung," katanya.

Sedangkan untuk Seleksi Mandiri UGM, terdapat dua pola, yaitu Penelusuran Bibit Unggul dan Ujian Tulis. Penelusuran Bibit Unggul terdiri dari Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS), dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK).

Penelusuran Bibit Unggul ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun 2013 dengan pengusulan dari sekolah. Sedangkan Ujian Tulis dapat diikuti oleh lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013. "Jalur Seleksi Mandiri ini UGM akan menerima mahasiswa baru sebanyak 20% dari daya tampung," kata Wijayanti.

Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar