Utul SNMPTN Dihapus, UGM Usulkan Rayonisasi Standar Nilai


YOGYA (KRjogja.com) - Universitas Gajah Mada (UGM) mengusulkan adanya rayonisasi passing grade nilai menyusul penghapusan Ujian Tulis (Utul) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN). Rayonisasi nilai tersebut perlu dilakukan mengingat selama ini belum ada standar nilai bagi tiap daerah di Indonesia.
 
Rektor UGM, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc, Sc, menuturkan, dengan adanya penghapusan utul SNMPTN maka akan terdapat beberapa permasalahan yang akan ditemui. Diantaranya apakah nilai rapor siswa di sekolah bisa dipercaya. Termasuk apakah nilai Ujian Nasional (UN) sudah dianggap kredibel dijadikan standar nasional masuk PTN.

"Sebenarnya bagaimana mekanismenya belum disepakati. Tetapi disitu mekanisme mandiri dimungkinkan sehingga perlu dibuat rayonisasi dengan passing grade internal rayon," ujarnya ketika ditemui di Balai Senat UGM, Senin (9/7).

Persoalan perbedaan standar nilai rapor, lanjutnya, juga bisa dicarikan solusi misalnya dengan entry nilai rapor tiap semester secara kontinyu dan dibuat semacam database. "Permasalahannya saat ini kita tidak punya database nilai rapor secara nasional. Padahal nilai sekolah itu sangat bervariasi," ungkapnya.

Dituturkan, pemerintah sendiri saat ini telah membentuk pokja untuk menginstrumenkan metode apa yang paling visible dilakukan. Namun demikian, UGM memastikan akan tetap mengikuti mekanisme yang disusun pemerintah.

"Karena ini kebijakan nasional dan UGM sebagai universitas pemerintah, maka UGM harus mengikuti. Tetapi misalnya kita dapat entry data rapor, maka kita akan tetap kontrol sekolah dari segi akreditasi, apakah sekolah punya kemampuan memasukkan siswanya ke PTN dan bagaimana alumni bisa berprestasi di UGM," imbuhnya. (Aie)


Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar