Lomba Karya Tulis Pariwisata Berhadiah Paket Liburan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI mengadakan lomba karya tulis pariwisata Indonesia bertema Pariwisata dalam Tulisan. Lomba karya tulis ini terbuka untuk seluruh siswa tingkat SMA, SMK, dan Aliyah se-Jakarta.

Menurut Hery Hermawan, ketua panitia lomba karya tulis, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pelajar dalam menulis sekaligus menumbuhkan kesadaran akan peran pariwisata serta memupuk rasa cinta tanah air.

"Sumber daya manusia adalah faktor penting dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Sumber daya manusia yang sadar akan pariwisata dirasakan masih sangat minim, dan kesadaran itu harus dimulai sejak usia dini," ungkap Hery di Jakarta, Senin (16/7/2012).

Mengenai topik karya tulis, menurut Urry Kartopati, salah satu dewan juri, ada beberapa pilihan topik yang bisa diangkat, antara lain pentingnya pariwisata bagi Indonesia, hubungan antara pariwisata dan lingkungan hidup, serta dampak pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kriteria lomba yang ditentukan antara lain minimal terdiri dari 1500 karakter, kesesuaian tema, gaya bahasa, serta ide yang orisinil.

Menurut Herry, sosialisasi mengenai lomba karya tulis ini sudah disosialisasikan di 500 sekolah menengah atas dan sederajat dengan target seribu sekolah. Hasil karya tulis dapat dikirim melalui email atau pos dengan cap pos tanggal 30 Agustus 2012 ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Peserta dapat mengumpulkan karya tulis sampai tanggal 30 Agustus 2012. Dan hasilnya akan diumumkan 20 September 2012. Informasi lebih lanjut dapat diakses di http://parekraf.go.id atau karyatulis.parekraf@yahoo.co.id.

Hadiah untuk para pemenang adalah uang tunai, piagam penghargaan dari menteri Parekraf, dan hadiah hiburan berupa liburan ke Bangka untuk pemenang pertama, liburan ke Bali untuk pemenang kedua, dan ke Jogjakarta untuk pemenang ketiga. Untuk pemenang harapan mendapatkan paket liburan ke Bandung.  Setiap pemenang berhak mendapatkan dua tiket perjalanan dan akomodasi.

Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar