Tips Sukses Mengisi KRS ala Portal Kombat

Menjelang dimulainya masa ajaran baru, tentunya baik mahasiswa baru sampai mahasiswa gaek yang belum diwisuda banyak yang akan menghadapi peningnya persaingan ala sistem "Portal Kombat". 

Istilah Portal Kombat sendiri kami dapat dari kejengkelan banyak mahasiswa Universitas Gadjah Mada (Kami belum memiliki data perihal apakah perguruan tinggi lain menggunakan juga istilah tersebut?) yang saling jegal untuk mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) tiap semester.

Portal Kombat sendiri lumrah dilakukan pada jurusan-jurusan di banyak perguruan tinggi dengan memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk mengisi jadwal kuliahnya sendiri secara online. Sistem ini memliki keuntungan yaitu mahasiswa dapat memilih jadwal yang disukainya serta mengurangi beban kerja Dosen Pembimbing Akademik. Namun sistem ini memiliki problematika di kalangan mahasiswa yaitu dengan berebut jadwal ini memicu segala upaya dilakukan demi memperoleh kelas yang diinginkan, mungkin dengan begadang menunggu kuota kelas bertambah bahkan minta belas kasihan ke akademik agar dapat masuk di kelas tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam memilih dan mengisi KRS secara tepat itu memiliki fungsi penting karena pengisian KRS secara baik akan memperlancar keberlangsungan perkuliahan. Apalagi mahasiswa baru yang walaupun sudah dijatah SKS sejak wal tapi di sistem ini tetap diharuskan mengisi sendiri. Oleh sebab itulah kami akan memberikan beberapa tips penting agar dapat survive dalam pegulatan di Portal Kombat antara lain:

1. Siapkan jadwal sedini mungkin
Usahakan jadwal telah terprogram maksimal satu hari sebelum dimualinya portal kombat. Hal itu dapat membantu kalian dalam mengisi KRS secara cepat.
2. Buka situs portal akademik 30 menit sebelum portal kombat dimulai
Hal ini penting mengingat seringkali mahasiswa baru bahkan yang sudah gaek sering lupa atau terlewat jadwal portal kombat sehingga mereka terlambat mengisi jadwal dan ternyata kuota kelas telah penuh.

3. Selalu melakukan Refresh 
Kebiasaan situs di Indonesia, lelet bahkan tidak dapat diakses kalau yang mengakses banyak. Seringlah melakukan refresh agar menghidari hal ini dan mencari kesempatan karena bilamana kita mampu masuk dalam portal bisa jadi pesaing kita ada yang gagal masuk dan kita mampu mengambil kelas yang diinginkan. 

4. Rajin mengunjungi forum kampus maupun forum angkatan.
Biasanya teman-teman satu angkatan kompak serta BEM kampus membuka forum FB maupun Twitter. Rajin kunjungi forum-forum tersebut saat menjelang portal kombat karena seringkali memiliki info berguna untuk menghadapi portal kombat.

5. Cari Info mengenai dosen yang mengajar
Dosen seringkali merupakan alasan orang meilih suatu kelas. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jatah kelas mengajar dosen. Upayakan mencari dosen yang sesuai dengan keinginan kalian, hal tersebut dapat berimbas positif pada IP kalian kedepan.

6. Perhatikan jam dan jarak kampus dengan rumah/dan kos
Maksud dari pernyataan diatas adalah tentukan jam masuk kelas secara bijak. Jangan memilih jam pagi bilamana tempat tinggal atau kos jauh dari kampus bilamana kalian tidak mampu bangun pagi. Pertimbangkan waktu tempuh dengan jam amsuk kelas! Soalnya ada beberapa dosen yang sering mengusir mahsiswa yang terlambat 15 menit dari jam masuk.

Sumber Gambar


Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar