4 Mitos tentang Cita-Cita maupun Kesuksesan yang Salah di Indonesia

Berikut ini mitos-mitos yang kami anggap sesat dalam hal menggapai cita-cita dan anggapan tentang kesuksesan antara lain:

 
1.         Kalau sudah besar kamu harus jadi PNS supaya hidup kamu sejahtera dan terjamin karena ada uang pensiun!
Realita :   Justru menjadi PNS tidak enak, setiap kali ada wacana kenaikan gaji PNS pasti harga pasar sudah merangsek naik. Ada kecenderungan “Harga barang berbanding lurus dengan kenaikan gaji PNS. Selain itu belum tentu uang pensiun juga menjamin adanya kesejahteraan di hari tua mengingat banyak pensiunan PNS yang kembali bekerja mengingat uang pensiunnya dirasa kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2.         Kalau IPK kamu 3,84,0 pasti gampang cari pekerjaan!
Realita:   Mitos ini tidak seluruhnya benar bilamana kamu mencari pekerjaan di bidang akademisi. Namun bila pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintah nanti dulu! Banyak perusahaan cenderung membenci pelamar dengan IPK tinggi mengingat mereka cenderung memiliki idealisme yang tinggi dan seringkali sukar untuk diajak bekerjasama dalam suatu tim.
3.       Jangan bercita-cita yang aneh-aneh seperti jadi pesulap, pelawak, pemusik, dan tetek bengeknya, masa depanmu pasti suram! Bercita-citalah yang jelas ada uangnya!
Realita:    Banyak orang yang telah menjadi contoh bahwa dengan berprofesi di bidang-bidang tersebut justru memiliki kecenderungan lebih mapan daripada pegawai biasa. Mengenai masa depan nanti itu lebih tergantung bagaimana cara kamu memanajemen hidup, bukan semata-mata karena pekerjaan.
4.        Tanpa Ijazah jangan harap kamu sukses!
Relita:       Kita mengenal Kita mengenal Andri Wongso, Emha Ainun Najib, Bob Sadino, Ajib Rosidi, Adam Malik adalah contoh tokoh Indonesia yang berhasil tanpa mengunakan ijazah apapun. Justru mereka memperkerjakan orang-orang yang memiliki ijazah yang lebih tinggi dari mereka dibawah mereka.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar