10 Langkah Sukses Kuliah

September ini, sebagian besar kampus di Indonesia sudah memulai kegiatan perkuliahannya. Tentu saja bagi mahasiswa baru (Maba), hal ini menjadi penting mengingat mereka harus memulai masa adaptasi dari yang sebelumnya proses pembelajaran SMA menjadi sistem pebelajaran kampus yang dilakukan dengan dengan model SKS. Dampak yang ditimbulkan dari hal tersebut tentunya akan menciptakan kesulitan beradaptasi, baik dengan lingkungan kampus, sistem perkuliahan, metode belajar, hingga urusan mencari teman baru. Berikut ini tips penting supaya tidak bingung dalam menjalani perkuliahan yaitu:

1. Susun Jadwal Kuliah dengan Dengan baik
Hal ini sangat penting karena ada beberapa kampus yang menerapkan sistem KRS di semester 1 sehingga diperlukan perencanaan jadwal yang penting. Upayakan menyusun jadwal sedini mungkin karena kalian masih bisa mengutak-atik jadwal dengan leluasa. Jadwal yang baik diupayakan jangan mepet dengan mata kuliah lain apalagi bentrok. Gunakan sedikit jeda untuk beristirahat.

2. Hari Pertama Kuliah
Upayakan datang dan mencatat apa yang di bahas dosen di hari pertama kuliah. Hal ini penting mengingat hari pertama kuliah merupakan saat interaksi pertama dengan dosen dan juga mengetahui kontrak perkuliahan yang baik sehingga mengenal karateristik dosen yang dapat membantu dalam strategi belajar kedepan.
3. Buat Jadwal belajar
Satu jam perkuliahan membutuhkan 2 jam belajar di luar kelas. Selain itu, penting untuk mempelajari silabus karena hal tersebut dapat mempersiapkan diri menghadapi materi kuliah selanjutnya.

4. Menyiapkan Tempat Belajar yang nyaman
Upayakan untuk menyiapkan tempat belajar senyaman mungkin menurut kalian dan usahakan untuk bebas dari gangguan.

5. Belajar di Siang hari
Seperti dikutip dari laman Middle Tennessee State University, jika kita membutuhkan satu jam di siang hari untuk mempelajari materi maka kita butuh 1,5 jam bila melakukannya di malam hari. Oleh sebab itu, manfaatkan waktu di siang hari hari untuk belajar! 

6. Jadwalkan Istirahat
Ambilah 10 menit untuk istirahat setiap satu jam atau 20 menit setiap mata kuliah. Hal ini penting untuk mengistirahatkan pikiran yang diperas selama masa perkuliahan.

7.Manfaatkan fasilitas kampus
Jangan menjadi mahasiswa "kupu-kupu" (Kuliah-Pulang, Kuliah-Pulang)! Manfaatkan fasilitas kampus seperti perpustakaan, laboratorium, atau fasilitas lain untuk mencari informasi mengenai materi perkuliahan! Usahakan juga untuk berkonsultasi dengan dosen perihal materi!

8. Bentuk kelompok belajar
Kelompok belajar penting untuk dibentuk mengingat di masa kuliah kalian berada di satu disiplin ilmu yang sama (jurusan) sehingga sangat membantu dalam perkuliahan. Namun upayakan agar kelompok belajar tetap fokus serta tidak banyak banyak mengobrol.  

9. Pelajari materi sulit terlebih dulu
 Saat otak kita masih segar, upayakan untuk mempelajari materi yang lebih sulit terlebih dulu karena bila otak kita sudah capek dan baru mempelajari materi yang sulit justru sulit untuk dipahami dan dimengerti.
10 Jangan memaksakan diri
Jangan paksa dirimu untuk belajar terus-menerus! Upayakan istirahat dan tidur secara cukup!


Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar