Jangan Bawa Ini Saat Packing Ngekos

Sebentar lagi masa perkuliahan akan dimulai. Mahasiswa baru (Maba) yang diterima di kampus jauh dari tempat tinggal mulai sibuk melakukan packing barang-barang yang akan dibawa ke kampus tujuan.
Perlu disadari bahwa dalam praktik ngekos di kuliah, prinsip efisiensi perlu diterapkan. Hal ini dikarenakan kebanyakan maba kurang tahu mengenai asrama atau kondisi kamar kos yang akan ditinggali. Daripada menyesal akibat over muatan, lebih baik sedini mungkin membuat daftar barang yang dibutuhkan. Kemudian cek daftar ini untuk mengetahui barang apa saja yang lebih baik tidak di bawa ke tempat kos.

1. Set Stereo Besar
Asyik bila dalam kamar kos ada stereo besar. Namun perlu dipikirkan bahwa hal ini terlalu berlebihan karena dimungkinkan mengganggu kegiatan belajar bahkan mengusik ketenangan teman satu kos yang sedang belajar juga atau sedang istirahat akibat suaranya. Disarankan untuk membawa speaker ukuran kecil atau earphone kalau untuk sekedar mendengarkan musik.
 
2. Pajangan imut
Hal ini ditujukan terutama untuk cewek yang mengoleksi pajangan atau cowok yang mengoleksi action figure namun agar tidak membawa barang ini di dalam kos mereka hanya akan menampung banyak debu.

3. Semua Koleksi Buku
Pikir-pikir dulu untuk membawa seluruh seri komik naruto di kamar kos. Padatnya jadwal perkuliahan dan banyak tugas akan mempersempit waktu baca kalian.

4. Peralatan masak mahal
Kalian tidak butuh peralatan masak yang mahal dan ribet semisal oven, pemanggang mini (grill), pemanggang roti (toaster) dan peralatan masak elektronik lainnya. Selain tidak berguna, banyak asrama dan rumah kos juga melarang menggunakan alat-alat tersebut.

5. Barang terlarang
Jangan membuat masalah saat menginjakkan kaki pertama kali di asrama dan kos kalian. Tanyakan kepada pengelola asrama dan rumah kos apa saja yang dilarang dibawa.

6. Hewan Peliharaan
Hal yang sangat dihindari karena disamping akan membuat kamarmu bau dan jorok. Membawa hewan peliharaan justru akan mengganggu teman asrama dan kos sekelilingmu karena bisa jadi mereka buang kotoran sembarangan.

7. Koleksi Boneka binatang
Disarankan untuk membawa satu saja yang dianggap favorit

8. Printer
Pikirkan bahwa apakah kamu mampu merawat printermu dengan baik ditengah padatnya jadwal kuliah. Jika tidak, banyak jasa print di sekeliling kampus yang bisa kita manfaatkan.

9. Penyedot debu
Jangan membawa penyedot debu yang besar apalagi kalau kamar kalian kecil. Bila merasa butuh, disarankan untuk membawa yang berukuran kecil atau stik.

10. Furnitur 
Selain akan repot saat dibawa, bila kamar kalian sudah banyak furnitur justru akan sesak dengan tumpukan dan terasa menganggu.

11. Membawa barang yang dibawa teman sekamar
Diskusikan dengan teman sekamar, siapa yang akan membawa apa agar efektif dan efisien.

Sumber 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar