Karya Remaja Indonesia Ikut di Pameran Sains AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2011 akan mengikuti ajang Ilmiah bergengsi di Amerika Serikat (AS). Mereka disertakan dalam Intel International Science and Engineering Fair 2012".

Adapun karya ilmiah anak bangsa yang akan dipamerkan adalah Digital Leaf Color Chart, oleh M Luthfi Nurfakhri (SMAN 1 Bogor); Termite Resistant Rice Straw Paper With Soursop Leaves Extract oleh Efa F Haryono dan Marwah Zairah (SMAN 1 MAlingping); dan Volcanic Mudlow Breaker Dam oleh Aulia A Januartrika, Anas M Nurrochman, Amelia Nugrahaningrum (SMAN 1 Yogyakarta).

Enam pelajar Indonesia pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) LIPI tahun 2011 akan berangkat mewakili Indonesia di ajang Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2011, di Pittsbrurg, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 13-18 Mei 2012.

Saat diterima oleh Menristek, Prof Gusti Muhammad Hatta, pada Rabu (10/5) kemarin, memberikan ucapan selamat kepada para peserta ISEF sebagai orang-orang yang the best of the best. Dalam siaran persnya, Kamis (10/5), Menristek juga berterima kasih kepada LIPI dan Intel Indonesia Corporation yang telah membimbing para peserta untuk dapat masuk ke dalam tataran kompetisi internasional serta menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Prof Lukman Hakim, Kepala LIPI, juga memberikan ucapan selamat dan mendoakan agar para peserta mendapatkan hasil yang terbaik sehingga mampu mengangkat nama bangsa di mata dunia. "LIPI akan selalu berupaya agar para pemenang LKIR LIPI berkesempatan untuk mengikuti lomba-lomba ilmiah bertaraf internasional," ujarnya.

Salah satunya adalah Intel ISEF yang merupakan kompetisi ilmiah pra-kuliah yang terbesar di dunia. "Kompetisi ini diadakan setiap tahun dan diikuti oleh lebih dari 1500 pelajar sekolah menengah dari 65 negara untuk memamerkan hasil penelitian independen mereka", jelasnya.

Sumber
Republika
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar