Distribusi Naskah UN di DIY Sedikit Terlambat


Ivan Aditya
 
 
 
Bagian naskah UN yang telah didistribusikan. (Foto : Rani Dwi Lestari)
YOGYA (KRjogja.com) - Distribusi naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK di DIY hari ini sedikit terlambat dari waktu yang dijadwalkan. Meski demikian, hal tersebut dianggap tidak menjadi kendala berarti karena soal baru akan diambil oleh pihak sekolah pada Senin (18/4) pagi.
Pantauan KRjogja.com di pokja sub rayon 1 SMAN 3 Yogyakarta, Sabtu (16/4) hingga pukul 10.55 WIB, naskah soal UN baru saja sampai. Padahal, sesuai rencana semula kedatangan dijadwalkan pukul 10.15 WIB.
Ketua pokja sub rayon 1 SMAN 3 Yogyakarta, Drs Dwi Rini Wulandari mengungkapkan, pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan keterlambatan distribusi soal kali ini. Pasalnya, pihaknya diberi waktu sepanjang hari ini untuk menunggu kedatangan soal.
"Informasinya sudah berangkat dari percetakan dan baru sampai di lokasi pertama pengiriman. Mungkin karena perjalanan yang memakan waktu dan cuaca sedikit hujan. Tetapi ini tidak masalah," ujarnya di sekolah setempat, Sabtu (16/4).
Menurutnya, sub rayon 1 membawahi penyimpanan naskah soal UN untuk 14 sekolah. Dalam pengamanan selama penyimpanan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa personil penjaga termasuk ruang penyimpaanan yang dipastikan aman.
"Di sini akan dijaga polisi, satpam dan tim dari pokja selama 24 jam. Di tiap shift penjagaan ada sekitar 2 personil kepolisian. Nantinya naskah soal akan disimpan di lemari khusus dengan 2 kunci yang dibawa oleh ketua pokja dan satu dibawa pengawas pokja," katanya.
Dihubungi terpisah, koordinator UN DIY, Baskara Aji menuturkan, keterlambatan waktu pengiriman naskah soal UN bukan menjadi masalah besar selama pokja menerima dalah satu hari yang dijadwalkan. Pihaknya sendiri memang memberikan jadwal waktu tertentu agar pokja melakukan persiapan.
"Kita tidak mematok waktu tertentu, yang penting jadwalnya adalah hari Sabtu ini sudah sampai di tiap pokja. Paling tidak dengan adanya jadwal, tiap petugas di pokja sudah mempersiapkan diri. Jadi jangan sampai soal datang tapi sekolah malah belum siap," tuturnya.
Soal naskah sendiri mulai didistribusikan dari percetakan sejak pukul 08.00 tadi. "Memang sampainya akan bervariasi tergantung jarak antar pokja. Yang jelas tidak akan ada masalah keterlambatan karena sekolah baru akan mengambilnya saat sebelum pelaksanaan UN Senin pagi," imbuhnya. (Ran)

Sumber
JRJogja
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar