IPS Bukan Buangan


Nah, menjelang akhir semester II biasanya menjadi awal kebingungan yang melanda siswa kelas X untuk memilih jurusan di bangku SMA. IPA adalah jurusan yang dianggap sebagai jurusan bagi orang-orang yang pintar di bidang akademis dan cenderung lebih dipandang.
Sementara jurusan IPS dianggap sebagai kelas bagi orang-orang yang memiliki kemampuan kurang sehingga tidak bisa masuk di kelas IPA. Bahkan, terkadang kelas IPS kerap disebut sebagai ”kelas buangan”. Apakah betul seperti itu?
”Itu masalah klasik dan mendasar. Diskriminasi itu saya rasa merupakan pola pikir sebagian dari mereka yang merasa bisa hidup dengan eksakta semata. Itu pola pikir purba yang tidak realistis,” ungkap salah seorang siswa IPS di SMA Negeri 3 Denpasar, Bali, yang berprestasi di bidang karya tulis ilmiah, I Wayan Anantha Surya Kusuma Kepakisan.
”Coba silakan buktikan, apakah memang benar IPS itu kumpulan anak bodoh, anak buangan, atau anak sisa? Itu tidak sepenuhnya benar. Saya orang sosial dan saya merasakan diskriminasi itu, ” kata Surya, panggilannya.
Apa yang dikatakan Surya dibenarkan I Made Adnyana. Menurut Adnyana, selama 30 tahun menjadi guru Geografi di SMA Negeri 3 Denpasar, siswa kelas IPS banyak menyumbang prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik.
Terbukti pada tahun 2011 ini, Putu Sanjiwacika Wibisana, siswa kelas IPS, berhasil memboyong medali emas Olimpiade Ekonomi Nasional. Begitu juga dengan I Wayan Arya Swarnata dan Luh Putu Ratih Kumala, keduanya siswa kelas IPS, yang kembali mendapat kesempatan untuk bersaing di tingkat nasional untuk memperebutkan medali emas Olimpiade Ekonomi Nasional. Mereka lolos di seleksi tingkat kabupaten/kota dan Provinsi Bali.
”Kalau dilihat dari realitas, memang benar penerimaan di universitas itu lebih memandang anak-anak IPA. Jadi, perlu ada sosialisasi lebih. Seperti dulu, SMK juga mendapat diskriminasi. Tapi, sekarang di televisi sudah ada penyuluhan tentang SMK,” ujar salah seorang siswa IPA yang juga ingin menjadi siswa IPS, Pande Putu Tara Anggita, ketika ditanya pendapatnya untuk mengatasi diskriminasi pada kelas IPS.
Menurut Adnyana, salah satu cara ampuh untuk memperbaiki citra IPS di mata masyarakat adalah dengan meningkatkan prestasi siswa IPS, seperti yang dilakukan teman-teman IPS yang menjadi peraih medali di berbagai olimpiade itu. Yuk, kita buktikan, MuDAers!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar