8 Jurus Ampuh Biar Nggak Stres Kuliah

Ada orang yang berkata bahwa kuliah berbeda dengan jenjang pendidikan yang lain. Pernyataan itu ada benarnya karena jenjang ini secara sistem dan kegiatan belajar mengajar berbeda dengan jenjang pendidikan lainnya. Apalagi kalau kita lihat realita yang terjadi bahwa mahasiswa sebagai peserta didik seringkali stres menghadapi berbagai tugas yang diberikan serta faktor X yang kadang juga mempengaruhi mood mahasiswa seperti putus cinta, menghadapi kematian anggota keluarga, berantem dengan teman sekamar, dsb. Tentunya kita sebagai mahasiswa tidak ingin tugas dan faktor X tersebut menghambat perjalanan kuliah. Oleh sebab itu ada beberapa kegiatan positif yang bisa kita lakukan untuk menghalau stres, yaitu:

1. Olahraga
Selian memiliki fungsi untuk meningkatkan detak jantung, olahraga juga berfungsi menghasilkan endorfin alami yang membuat kita bahagia serta membuat kita menjadi lebih fokus. 

2. Teliti Teman
Teman merupakan sarana sosialisasi dasar sehingga seringkali menjadi sumber dari stres. Teliti teman disini adalah mengkaji apakah teman memiliki kecenderungan memberikan pengaruh positif atau negatif dalam diri kita.

3. Memanjakan Diri Sendiri
Penting untuk sesekali memberi hadiah atas pencapaian kita. Hal ini kan memutuskan rantai rutinitas dan me-recharge energi kita untuk tantangan berikutnya.

4. Makan dengan Baik
Pola makan yang sering mengonsumsi junk food akan menjadi sumber stres pada diri kita. Aturlah pola makan sebaik mungkin dan jangan racuni tubuh kita dengan makanan yang tidak sehat.

5. Atur Waktu
Mengatur jadwal secara tertulis akan membantu otak kita karena tidak dipaksa untuk mengingat seluruh agenda yang kita lakukan sehingga mengurangi kecenderungan stres.

6. Tidur
Pengaturan waktu yang baik akan memberikan kesempatan kita memiliki waktu tidur yang baik. Hindari begadang untuk urusan yang tidak penting seperti nongkrong, main PES bareng teman, dll.

7. Bergabung dengan Klubaktif di ekskul atau UKM dapat menjauhkan kita dari kejenuhan kegiatan perkuliahan. Selain itu, aktif dalam UKM maupun ekskul memberikan kesempatan untuk mendapatkan teman baru.

8. Curhat
Jangan simpan masalahmu sendirian! Ada baiknya membagi permasalahan itu pada teman atau orang terdekat kita siapa tahu mereka mempunyai solusi bagi permasalahan tersebut.

Sumber
Comments
2 Comments

2 komentar:

iskandar mengatakan...

tips menarik gan. memang kadang tugas kuliah bikin kita stre

ihsanfauzi muh mengatakan...

tp ngeri gitu filosof gambarnya hahaha

Posting Komentar