12 Kebiasaan Mahasiswa Sukses

Setiap mahasiswa tentunya ingin menjadi mahasiswa yang sukses dalam kuliah. Namun untuk mencari referensi kuliah yang sukses itu sulit karena pengalaman kuliah tiap orang tentu saja berbeda. Ada cara yang dianggap efektif bagi seseorang justru tidak jadi efektif di orang lain. Oleh sebab itulah Jesaba News Portal menyedikan selusin tips dasar agar dapat mencapai kesuksesan yang sama seperti yang dilansir oleh Okezone, yaitu:

1. Tujuan jangka pendek dan jangka panjang
Mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang sudah memiliki arah tujuan yang jelas baik jangka panjang dan jangka pendek karena tujuan yang jelas akan mendorng adanya program yang jelas dan terarah untuk mencapai tujuan.

2. Mengikuti jadwal belajar
Seperti yang dilansir Campus Grotto, Senin (23/9/2013). Membuat jadwal kegiatan dan rencana belajar itu penting mengingat kuliah adalah tentang menguasai seni multitasking. Hal ini berguna untuk melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu

3. Memanfaatkan dosen
Ciri mahasiswa yang sukses adalah tahu bahwa ia membayar jasa dosen sehingga ia berhak untuk mendulang ilmu sebanyak mungkin dari para dosen. Mereka menjemput bola dengan mendatangi dosen di jam kerja untuk berdiskusi tentang materi kuliah. Selain akan mendapatkan nilai yang lebih baik dalam ujian, kegiatan ini dapat memuaskan kita mengenai materi belajar dan merasa lebih terhubung dengan kampus dan para dosen.

4. Menggunakan teknik belajar dan mencatat
Belajar efisien dapat diproleh dengan menguasai teknik belajar dan mencatat yang tepat.

5. Aktif di kegiatan ekstrakurikuler
Salah besar bila mahasiswa sukses adalah amahsiswa yang doyan kuliah dan habis kuliah pulang. Justru itulah mahasiswa yang merugi di masa depan. Aktif dalam berbagai kegiatan luar ruangan seperti di unit kegiatan mahasiswa (UKM) merupakan syarat penting dalam meraih kuliah yang sukses. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan kepuasan seseorang tentang pengalaman kuliah mereka. 

6. Memanfaatkan sumber daya kampus
Ciri mahasiswa yang sukses adalah tahu bahwa ia membayar semua fasilitas yang ada di kampus sehingga mereka tidak malas memanfaatkan perpustakaan dan pusat karier di kampus.

7. Menyeimbangkan kuliah
Trik penting adalah memilih mata kuliah yang bervariasi dari beban SKS maupun tingkat kesulitan. Hal ini penting karena mahasiswa sukses berpikir untuk jangan sampai IP mereka hancur karena salah memilih mata kuliah berdasar beban SKS yang semuanya besar dan tingkat kesulitan yang sama-sama sulit.

8. Rajin kuliah dan aktif di kelas
Seperti masa sekolah, mahasiswa yang rajin hadir (bukan titip absen) dan aktif dalam diskusi di kelas mereka ada kecenderungan untuk menjadi mahasiswa sukses.

9. Memanfaatkan peralatan belajar.

10. Siap menghadapi ujian
Ujian memiliki bobot penilaian yang tinggi dalam suatu mata kuliah sehingga mahasiswa yang sukses harus tahu cara belajar yang baik agar siap menghadapi ujian.

11. Membuat kelompok belajar
Belajar kelompok memiliki kecenderungan yang sama dengan diskusi hanya saja ini di luar jam kuliah. Hal ini penting untuk meningkatkan pemahaman dalam materi perkuliahan serta dapat mengajarkan mengenai sistem kerja dalam kelompok.

12. Tidur cukup
Sepintar-pintarnya orang, tentu harus mengistirahatkan otaknya agar dapat kembali segar dengan tidur yang cukup.

Sumber
Okezone Kampus
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar