3 Film Olahraga Penuh Pesan Moral yang Layak Anda Tonton!

Kali ini Jesaba News Portal akan menyajikan ulasan 3 film yang bertema olahraga namun memiliki banyak pesan yang terkandung dalam film tersebut bahkan beberapa diantaranya memenangkan berbagai penghargaan film standar internasional. Adapun film-film yang akan disajikan antara lain:

The Blind Side
Film yang berhasil memberikan piala Oscar kepada Sandra Bullock sebagai "Best Actress" diilhami dari kisah nyata mengenai Michael Oher, Offensive Lineman di salah satu klub di NFL Baltimore Ravens. Michael yang merupakan remaja yang mengalami tekanan mental kemudian diadopsi oleh keluarga Touhy. Pada awalnya banyak orang meremehkan Michael yang berulangkali kabur dari orang tua asuhnya dan dicemooh oleh orang-orang karena dianggap tolol, padahal Michael memiliki sebuah kelebihan dibandingkan orang lain yaitu insting untuk melindungi yang mendekati angka sempurna. 
Dari sinilah keluarga Touhy mendorngnya untuk menjadi pemain American Football  yang mengantarnya menjadi best lineman di liga SMA serta mendapatkan beasiswa olahraga di Universitas Mississippi. ilm ini memberikan pesan bagi orang tua untuk mengenali kelebihan yang dimiliki anak untuk dikembangkan tanpa memaksanya melakukan apa yang kita suka namun tidak ia suka.


The Gridiron Gang
Pada tahun 1990an, banyak kasus mengenai kenakalan remaja yang berujung pada perang antar geng di kota-kota. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Amerika mendirikan berbagai pusat rehabilitasi kenakalan remaja salah satunya di Killpatrick California. Namun hal itu bukan menjadi solusi yang jitu mengingat angka kembalinya remaja pada geng adalah 75 persen sehingga terkesan pusat rehabilitasi menjadi tempat penggemukan remaja bermasalah yang kemudian siap di jagal di jalanan. 
Hal itu mendorong salah satu pembimbing di pusat rehabilitasi, Sean Porter (Dwayne Johnson) untuk menciptakan program tim American Football untuk untuk mengurangi angka kegagalan 75 persen tersebut. Berbagai permasalahan mendera tim football tersebut mulai dari keraguan tim lain untuk melawan Killpatrick, kasus penembakan terhadap anggota tim, dan lain-lain. Namun dengan pantang menyerah, Sean Porter dapat membuktikan bahwa programnya berhasil dengan mengurangi presentase diatas menjadi 16 persen. Pesan penting dari film ini adalah memberikan kesempatan kedua kepada siapapun walaupun dulunya ia merupakan penjahat.

Invictus
Morgan Freeman memang aktor serba bisa. Melalui film ini, Morgan secara cerdas memerankan bapak bangsa dari Afrika Selatan, Nelson "Madiba" Mandela. Film ini merupakan kisah nyata perjuangan Nelson Mandela pasca terpilih sebagai Presiden Afrika Selatan, yaitu mempersatukan bangsa lewat Springbok, tim rugbi di negaranya. 
Menjadi hal menarik mengapa Madiba dengan gigih memperjuangkan persatuan bangsa dengan tim olahraga yang justru dibenci oleh rasnya? Disinilah Madiba memberikan sentuhan ajaibnya. Tim yang sebelumnya dibenci oleh penduduk kulit hitam justru disulapnya menjadi tim yang benar-benar merepresentasikan rakyat Afrika Selatan serta berhasil menjadi kampiun di Piala Dunia Rugbi yang diselenggarakan di negeri tersebut. 
Banyak nilai yang tertuang dalam film ini. Selain mengajarkan untuk tidak membalas dendam justru mengulurkan tangan untuk memberika ampunan. Film yang meraih 3 kategori di Golden Globe ini juga mengajarkan terutama para elit politik di negeri ini bagaimana cara memperlakukan olaharaga.

Sumber
Wikipedia


Comments
2 Comments

2 komentar:

Ahmad Kurniawan mengatakan...

keren nihh filmnya,, mau ane download dulu ahh

koment bac yaa www.ankurniawan.blogspot.com

ikhsan mengatakan...

wah, referensi bagus nih untuk ditonton

Poskan Komentar