Tips Sukses SBMPTN 2013

Jesaba News- Delapan hari lagi pendaftaran SBMPTN akan dimulai, setelah itu ada rentang waktu 35 hari (13 Mei-18 Juni) untuk mempersiapkan ujian tulis tersebut. Sudahkah anda mempersiapkan dengan baik? Bila belum? Ini tips sukses mehadapi SBMPTN mulai dari saat pendaftaran, menjelang ujian, dan saat ujian.

Saat Pendaftaran
Konsep "Realistis" dan "Real, do it!"
Biasanya siswa yang akan menempuh ujian sejenis akan melakukan kesalahan fatal dengan memilih jurusan secara salah. Biasanya kesalahan ini disebabkan oleh memasukan prodi jurusan tertentu yang tidak sesuai dengan passing grade yang akan menurunkan jumlah pilihan jurusan atau salah memilih jurusan secara kurang bijak. Solusi untuk masalah passing grade dapat diatasi dengan melihat passing grade jurusan pada PTN sedangkan salah memilih jurusan karena kurang bijak dapat diatasi dengan konsep "Realistis" dan "Real, do it!"
Realistis!
Kegagalan yang sering terjadi pada peserta SBMPTN adalah ketidakmampuannya mengukur diri sendiri dengan prodi yang akan dimasuki. Penyebabnya macam-macam, mulai dari ego peserta yang terlalu tinggi sehingga dia tidak sadar diri dengan kemampuannya sehingga memilih jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuannya, dorongan dari teman (doktrinasi) untuk memilih jurusan tertentu, dan bisa juga karena tuntutan orang tua. Ingat! bahwa memilih jurusan pada PTN merupakan pilihan untuk masa depan. Sehingga setiap peserta harus sadar dengan kemampuan masing-masing, pilihlah jurusan yang kamu sukai dan kamu mampu menjadi yang terbaik dalam jurusan tersebut! Dengan begitu, dasar realistis dalam menghadapi SBMPTN akan menyelematkanmu dari kegagalan.

"Real, do it!"
Makna dari kata ini adalah untuk mendapatkan hasil yang nyata, kalian harus mengusahakannya sebaik mungkin. Hal ini penting karena bila kita menginginkan sesuatu harus juga dibarengi dengan pengorbanan juga. Memilih jurusan favorit tentunya harus melakukan upaya yang lebih berat daripada memilih jurusan yang lain. Hal ini didasarkan oleh peluang setiap individu untuk lolos di jurusan tersebut tentunya kecil, maka penting untuk peserta SBMPTN untuk memenuhi 2 aspek penting agar lolos. Pertama, peserta harus dapat memnuhi passing grade. Kedua, peserta harus mampu memperoleh peringkat dari pesaing yang lain dalam jangkauan jumlah kuota prodi yang disediakan. Disinilah penting adanya upaya yang jelas utnuk memenuhi 2 aspek tersebut. 

Menjelang Ujian 
Proses menjelang ujian adalah proses yang berkisar antara H-2 ujian sampai sbelum peserta memperoleh dari pengawas. Adapun tips penting saat menjelang ujian antara lain.
  1. Selalu mengupdate berita SBMPTN
  2. Menjelang hari ujian kunjungilah tempat ujian. Lakukan observasi mulai dari mencari ruang ujian, kamar kecil terdekat, dan tempat-tempat lain terkait SBMPTN di sekitar lokasi ujian. Hal ini penting mengingat banyak peserta gagal karena terlambat menemukan ruang ujian atau menemukan kecil di saat ujian (hal ini bukan menempatkan kamar kecil sebagai tempat menyotek namun setidaknya mengingatkan bahwa saat ujian, rasa grogi terkadang menyebakan peserta ingin ke kamar kecil).
  3. Persiapkan peralatan ujian seperti pensil, alas, dan penghapus. Usahakan pensil lebih dari satu!
Saat Ujian
  1. Berdoa sebelum mengerjakan
  2. Upayakan efisiensi waktu saat mengerjakan soal.
  3. Jangan berpikir untuk menyontek karena bisa jadi peserta yang lain menjebakmu sehingga justru merugikan diri kita sendiri.
  4. Upayakan untuk mengerjakan soal lebih banyak dari batas minimal soal per mata pelajaran yang harus dikerjakan.Misal bila minimal mengerjakan soal matematika dasar adalah 3 maka diusahakan mengerjakan minimal 4. Hal tersebut dapat menguntungkan peserta ujian.
  5. Jangan takut salah terhadap soal yang kemungkinan jawabannya tinggal 2 opsi karena kemungkinan kita dapat memperoleh keuntungan bila jawaban itu benar. Semisal kita menyisakan 4 jawaban dengan dua opsi tersebut. kemungkinan salah semua hanya 20 persen, bila satu soal benar kita memiliki keuntungan satu poin karena benar bernilai empat poin bila salah dikurangi satu poin.
  6. Bila ujian sudah selesai, berpikirlah kepada pelajaran yang akan ditempuh selanjutnya. Jangan pernah berpikir untuk membahas soal dengan peserta ujian yang lain karena bila ternyata pada saat pengerjaan banyak jawaban kita yang ternyata salah justru menjadi bumerang bagi kita dan hal itu juga merupakan penyebab utama kegagalan peserta saat ujian SBMPTN.   
 Demikian tips yang dapat diberikan semoga SBMPTN tahun ini menjadi langkah sukses untuk kita semua.
  
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar