8 Tolak Ukur Sebuah Universitas Berkualitas

Ada banyak faktor yang dapat menentukan kualitas dari perguruan tinggi. Mulai dari reputasi, tingkat rekomendasi, hingga akses kemudahan lulusan perguruan tinggi  dalam memperoleh pekerjaan. Melalui pertimbangan tersebut, Majalah Mix telah melakukan pemeringkatan terhadap seluruh perguruan tinggi di Indonesia dalam Indonesian Best School of Communication & Management 2013.

Kemal Effendi Gani, pemimpin Redaksi Majalah Mix menyebutkan bahwa pemeringkatan tersebut dilakukan untuk memberikan feedback pada masyarakat, perguruan tinggi, serta industri yang berkaitan dengan perguruan tinggi di Indonesia, terutama dalam hal komunikasi dan manajemen.

Dia menjelaskan bahwa pemeringkatan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan metode survei ke calon mahasiswa, orangtua, dan pelaku industri. Survei tersebut digunakan untuk mengukur delapan variabel penilaian yaitu:

  1. Reputasi Perguruan Tinggi
  2. Kualitas lulusan
  3. Kesesuai biaya kuliah dengan manfaat yang diperoleh mahasiswa
  4. Kesetaraan perguruan tinggi yang bersangkutan di luar negeri
  5. Fasilitas Kampus
  6. Konstribusi perguruan tinggi dalam mengamalkan tridharma perguruan tinggi
  7. Prestasi perguruan tinggi
  8. Tingkat rekomendasi perguruan tinggi tersebut

Kemal mengungkapkan bahwa metode yang digunakan saat survei adalah membagi akreditas perguruan tinggi berdasar pada akreditas A dan B. Setelah survei ke calon mahasiswa dan orangtua, kemudian data tersebut dikelompokkan dalam 10 besar di tiap kategori.baru kemudian dilakukan survei pada pelaku industri.

Kemal dan majalah Mix berharap mendapat perguruan tinggi yang diakui masyrakat dan pelaku industri. Hal ini dapat memberikan informasi pada pengelola perguruan tinggi tentang posisinya sehingga dapat meningkatkan mutu tidak hanya di dalam namun juga luar negeri.


Sumber
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar