Perubahan Baru di Kurikulum 2013

Saat ini siswa kelas X SMA sedang bersiap menghadapi sistem kurikulum 2013 yang mana kurikulum ini di gembar-gemborkan oleh pemerintah serta mendapatkan pro dan kontra dari masyarakat terumata dari golongan akademisi. Banyak yang menyatakan kontra dengan mengganggap bahwa kurkilum 2013 terlalu sentralistik tanpa mempertimbangkan perbedaan kualitas pendidikan tiap daerah. Terlepas dari masalah tersebut berikut ini beberapa perubahan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai sistem yang akan digantikannya:

1. Penjurusan digantikan Peminatan
Pada kurikulum KTSP dikenal adanya penjurusan yang ditempuh pada kelas XI. Dalam kurikulum 2013, penjurusan digantikan oleh peminatan yang akan di lakukan sejak kelas X. Siswa memiliki kesempatan memilih sendiri mata pelajaran. Namun, peminatan ini harus sesuai dengan keputusan hasil nilai UN, Rapot, Ujian Masuk dan pihak Bimbingan Konseling.

2. Berbasis Kompetensi Inti dan Dasar
Makna dari kompetensi ini adalah memeproleh proses pembelajaran dengan nilai akhir dengan variabel kualitas skill, attitude dan knowledge yang menjadi dasar siswa belajar. Metode pembelajaran akan diusahakan lebih interaktif dengan mengacu discovery learning and project based learning. Diharapkan siswa dan pelajar aktif dalam pembelajaran.

3.Diharuskan mengikuti Silabus Nasional
Dalam sistem KTSP, pengajar diberikan hak untuk menyusun silbus secara kreatif. Namun dalam sistem Kurikulum 2013 Kemendikbud mengharuskan pengajar mengikuti acuan silabus yang dibuat oleh Pusat. Oleh sebab itu, sebelum menghadapi kurikulum 2013 ada pelatihan yang dilakukan pada guru-guru. Walaupun dalam kenyataannya baru dilakukan pelatihan guru inti belum lama ini.

4.  Mata pelajaran berkurang, jam belajar ditambah
Imbas dari dihilangkan penjurusan IPA/IPS, otomatis mata pelajaran yang ada didalamnya akan diintegrasikan menjadi satu. Namun jam pelajaran akan bertambah sebanyak 2 jam mata pelajaran per minggu. Hai ini diharapkan untuk mencapai konsep belajar discovery learning yang diajarkan. Termasuk 4 jam mata pelajaran yang ditentukan sendiri oleh masing-masing sekolah.

5. Wajib Pramuka
Mungkin ada beberapa siswa yang berpikir untuk masuk dalam sebuah SMA karena tidak memasukkan Pramuka sebagai ekskul wajib. Bersiap-siaplah untuk mengubur pikiran tersebut! Pramuka dalam kurikulum 2013 dinyatakan wajib diikuti karena diharapkan sebagai pondasi kebersamaan.
 
Sumber
   
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar