Tips Sukses SBMPTN

Tinggal beberapa hari lagi ujian jalur SBMPTN akan segera dimulai. Ujian ini menjadi salah satu sarana penerimaan mahsiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri di Indoensia. Bahkan persaingan di beberapa Perguruan Tinggi Negeri mengalami tingakt persaingat yang cukup serius misalnya persaingan di UGM (baca selengkapnya di 61 Ribu Pendaftar Berjuang Memperebutkan 1.997 Kursi di UGM). oleh sebab itulah, pada kesempatan kali ini Jesaba News Portal membagikan tips-tips penting agar dapat sukses dalam perhelatan SBMPTN antara lain.

Jangan Takut -1
Banyak menganggap bahwa dalam ujian model SBMPTN cara terbaik adalah dilarang menebak jawaban. Itu bisa benar dan tapi juga bisa salah besar! Benar, karena dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN bila salah akan mendapat poin -1 sehingga ini wujud dari kehati-hatian. Namun hal ini juga salah besar karena fakta membuktikan bahwa kebanyakan kegagalan peserta ujian disebabkan karena ia mengambil langkah aman ini. Contoh: A mampu mengerjakan soal 5 sebagai batas minimal mengerjakan soal tersebut dan semuanya benar (5X4=20) dan B mengerjakan 10 benar 7 salah 3 (7X4-1X3=25). Padahal kedua perserta memiliki kemampuan yang sama dan kedua jawaban 5 soal A dan B benar. Namun karena B berani mengambil peluang dengan mengerjakan 5 soal, walaupun ia salah 3 dari 5 soal yang ditebaknya tapi perolehan nilainya lebih tinggi dari A yang mencari aman dengan hanya mengerjakan 5 soal. Hal tersebut disebabkan karena B sadar bahwa bila ia menebak jawaban dan benar ia memperoleh +4 sedangkan kalau salah hanya diberkan -1. Namun perlu dicatat menebak soal ini akan menjadi efektif bilamana dalam mengerjakan soal, opsi yang tersisa tinggal 2 opsi (maksudnya saat mengerjakan soal tentunya menghilangkan opsi jawaban yang dianggap salah hingga menyisakan 2 opsi jawaban). Jangan sekali-kali mencoba mengunakan tebak untuk mengerjakan soal yang opsi jawabannya masih banyak (lebih dari dua).

Efektifitas Waktu
Penyebab kegagalan SBMPTN adalah peserta terlalu terlena mengerjakan suatu soal dan tidak menyadari bahwa waktu yang diberkan saat ujian tidak lama (hanya berkisar 60 sampai 75 menit). Oleh sebab itulah diperlukan suatu manajemen waktu yang efektif agar dapat menjawab sebanyak mungkin jawaban.

Melakukan Survei Tempat Ujian
Survei tempat ujian penting jangan sampai kamu terlambat masuk ruang ujian dikarenakan tidak melakukan survei di tempat ujian. Jangan juga melakukan survei di tempat-tempat penting semisal toilet terdekat, tempat parkir motor terdekat, dll.

Siapkan Amunisi Sebaik Mungkin
Ibarat sedang berperang, peserta SBMPTN juga harus memiliki amunisi yang baik dalam berjuang mendapatkan prodi jurusan yang diinginkan. Selalu bawa pensil 2B l;ebih dari satu, rautan, penghapus yang berkualitas, papan alas, serta kartu ujian untuk siap bertempur di ujian ini.

Jangan Panik
Dalam mengerjakan soal usahakan selalu tenang, kepanikan sedikit saja dapat menyebabkan kegagalan dalam ujian.

Perhatikan Masalah Teknis
Walaupun terdengar sepele, hal teknis separti menjaga agar lebar jawaban tidak terlipat, menulis identitas lengkap, dan membuat bulatan yang sempurna bisa jadi penyebab kegagalan peserta dalam ujian.

Ibadah dan Berdoa
 
Semoga tips-tips diatas menjadi  jalan untuk menggapai kesuksesan dalam SBMPTN.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar