Info Bocoran UN dari Wamendikbud

Jesaba News Portal berhasil merangkum beberapa artikel dalam majalah Hai perihal bocoran Ujian Nasional yang mendasarkan dari hasil wawancara Tim Hai online dengan Wamendikbud Musliar Kasim. Bocoran tersebut antara lain:
  1. Pemerintah tidak menyarankan untuk menggelar try out UN 2014 sebanyak 8 kali. Adapun kebijakan tersebut tergantung pada sekolah masing-masing.
  2. UN tahun ini dihapus namun hanya untuk jenjang SD saja mengingat untuk memacu suksesnya wajib belajar 9 tahun.
  3. UN SMP dan SMA tetap diselenggarakan dengan tipe soal berjumlah 20 jenis. Tujuan UN tetap dilaksanakan adalah Pertama untuk kelulusan. Kedua untuk pemetaan sekolah, anak, dan daerah. Malah untuk ini, dalam pemetaan mata pelajaran itu ada pemetaan kompetensi yang lebih spesifik lagi. Ketiga, untuk seleksi masuk ke tingkat berikutnya (SMP ke SMA, dan SMA/SMK ke perguruan tinggi). Yang keempat, untuk intervensi, nanti dibandingkan nilai UN dan US siswa
  4. Soal yang akan diujikan dalam UN ini memiliki kesamaan dalam tingkat kesulitan dengan soal UN tahun sebeleumnya. Hanya saja dalam UN tahun ini memasukkan beberapa soal dalam bentuk high order thinking.
  5. Maksud dari high order thinking menurut Wamendikbud adalah soal yang memaksa siswa untuk melakukan eksplorasi cara berpikir tingkat tinggi.
  6. Kemdikbud menjamin tidak terjadi kebocoran soal UN dengan melakukan pengawasan dari membuat soal, mencetak, distribusi, pelaksanaan, pemindaian, dan semuanya. Bahkan Kemendikbud menyediakan software khusus yang akan melacak jawaban siswa berdasarkan pola jawaban siswa tersebut. 
  7. Kemendikbud menjamin tidak terjadi keterlambatan soal UN karena proses pencetakan soal telah melibatkan panitia Daerah.
  8. Bobot soal UN dengan nilai rapor tahun ini berbeda dengan tahun lalu yaitu 30% dari soal UN dan 70% dari nilai rapor.
  9. Tidak ada cara lain menilai siswa selain UN dan nilai rapor
  10. Persiapkan UN dengan baik, jangan tegang dan stress.

Sumber 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar