Berteman dengan Guru BK

Ada dua tipe siswa yang bakal masuk di ruang BK (Bimbingan dan Konseling), siswa baik-baik atau siswa bermasalah. Namun kebanyakan siswa masih berpikir bahwa siswa masuk ruang BK kebanyakan siswa yang bermasalah sehingga pikiran tersebut membuat ada ketakutan terhadap guru BK.  Hal ini memperlihatkan seakan-akan guru BK mesti dijauhi oleh para siswa. Padahal, banyak keuntungan yang dapat siswa peroleh apabila dekat bahkan berteman dengan guru BK antara lain:

1. Mengetahui berbagai informasi mengenai beasiswa yang ditawarkan di guru BK
BK merupakan pusat informasi beasiswa, dimana banyak beasiswa yang di tawarkan dikelola oleh guru BK. Berteman dengan guru BK akan mempermudah siswa dalam mencari informasi perihal beasiswa yang ditawarkan sehingga akan lebih mudah mendapatkan beasiswa.
 
2. Mengetahui informasi dari perguruan tinggi yang diminati
Siswa-siswa kelas XII seringkali kebingungan dengan hal-hal yang berkaitan dengan perguruan tinggi (biasanya bagi yang belum mempersiapkan program pendidikan kedepan). Mereka dapat mendatangi ruang BK yang merupakan gudang informasi dalam hal tersebut. Lebih mudah lagi apabila mereka berteman dengan guru BK. Selain memberikan informasi, guru BK akan lebih mudah untuk menyarankan perguruan tinggi maupun bidang studi yang cocok dengan minat siswa tersebut.  

3. Melakukan konsultasi
Apabila terkena permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, BK merupakan tempat yang tepat untuk mengkonsultasikan permasalahan tersebut sehingga diharapkan dapat menemukan solusi permasalahan siswa. Berteman-dengan guru BK akan membuat siswa akan lebih terbantu dalam menemukan solusi dengan guru bk perihal masalah yang dideranya.  

4. Mengetahui berbagai Informasi tentang lomba
BK adalah bagian personalia siswa, sehingga pengembangan Student Resources,sehingga pengembangan bakat dan kemampuan siswa merupakan tugas BK terutama dalam hal lomba. Berteman dan sering mendekati guru BK dapat membantu siswa mengambangkan bakat dan kemampuannya dengan menawarkan lomba.

Itulah hal-hal yang bermanfaat apabila siswa dekat dan berteman dengan guru BK. Semoga hal ini dapat memotivasi hubungan siswa dan guru BK menjadio lebih baik!
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar